Rabu, 07 November 2012

HUBUNGAN SEJARAH DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL

A.      Hubungan Sejarah dan Sosiologi
Objek kerja sosiologi adalah manusia dengan interaksinya di masa lalu atau masa kini sedangkan sejarh objek materinya adalah manusia dan interaksinya juga tetapi di batasi hanya pada masa lalu saja. Melihat objek materi yang sama dan objek forma yang hamper sama maka tidk heran jika ada ahli yang menempatkan sejarah dan sosiologi adalah sama. Lebih khusus lagi sejarah social adalah sosiologi itu sendiri, misalnya Karl Poper dan Murthada Mutahari.

B.      Hubungan Sejarah dan Ekonomi.
Adapun yang menjadikan sejarah berhubungan dengan ekonomi tidak lain karena terletak pada kajian lmu ekonomi itu sendiri yaitu manusia, namun objek forma yang berbeda yaitu usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

C.      Hubungan Sejarah dan Antropologi
Dalam ilmu sejarah kita sangat akrab dengan bahan bukti yang di jadikan sebagai dasar untuk menganalisis peristiwa. Demikian juga antropologi, ia mempunyai jenis-jenis fakta yang dapat dijadikan sebagai bukti bahwa telah ada aktivitas kehidupan manusia.

D.      Hubungan Sejarah dan Politik.
Tidak dapat dipungkiri bahwa sejarah sangat akrab dengan politik. Membicarakan lahir, berkembang, menurun dan hilangnya kekuasaan pada masa lalu adalah merupakan membicarakan politik. Kebijakan yang dijalankan oleh seorang penguasa merupakan tindakan-tindakan politik. Namun akibat yang di timbulkannya tidak serta merta datang, mungkin puluhan atau ratusan tahun kemudian baru akan terlihat dampaknya.

E.       Hubungan Sejarah dan Geografi
Geografi sering mempengaruhi sejarah. Letak geogrfis suatu daerah tidak jarang mengakibatkan tumbuh dan berkembangnya suatu kawasan. Faktor geografis selalu menjadi penentu suatu event masa lalu. Maka dalam sejarah ada determinisme geografi. Sejarah objek formanya adalah masa lalu sedangkan geografi objek formanya adalah tempat manusia bermukim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar