Minggu, 04 November 2012


FUNGSI LEGITIMATIF SEJARAH
A.      Berbagai Fungsi Historiografi
Fungsi historiografi di maksudkan untuk mendokumentasikan, memapankan fakta dan data mengenai peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian pada masa lampau. Dokumentasi data dan fakta sejarah serta penulisannya ternyata memuat berbagai makna. Oleh sebab itu sesuai dengan subtansi dan strukrnya akan melahirkan fungsi-fungsi penulisan sejarah yang berbeda-beda alam masyarakat atau suatu bangsa.
Fungsi pertama adalah fungsi genetis. Fungsi penulisan sejarah pada hakikatnya berusaha untuk mengungkapkan bagaimana terjadinya dan asal mula suatu peristiwa. Dalam menghadapi suatu gejala baru seseoang berusaha untuk mengenalnya dengan melacak latar belakang sejarahnya. Dengan mengungkapkan bagaimana sesuatu telah terjadi maka akan di ketahui pula identitasnya.
Fungsi kedua adalah fungsi didaktis. Dipandang dari upaya sosialisasi dan enkulturasi ternyata historiografi dengan fungsi didaktisnya sungguh sangat instrumental guna meneruskan tradisi, kebijakan, pengetahuan, nilai-nilai dari generasi ke generasi.
B.      Fungsi Legitimatif Sejarah
Fungsi fragmatis dalam penulisan sejarah adalah fungsi legitimasi. Fungsi legitimasi ini erat sekali hubungannya dengan fungsi genetis, bahkan merupakan konsekuensi serta implementasi dari fungsi genetis tersebut.
1.       Sebagai Legitimasi Dinasti atau Penguasa
Fungsi legitmasi politik ini nampak jelas dalam penulisan sejarah tradisional. Berbagai babad di tulis untuk memenuhi fungsi legitimasi politik bagi dinasti atau penguasa yang sedang berkuasa atau sedang memerintah. Legitimasi politik ini dapat di tunjukkan melalui silsilah (genealogi) atau melalui kelayakan serta keberhakannya seseorang yang sedang berkuasa.
2.       Sebagai Legitimasi Politik Negara Modern
Sejarah sebagai satu-satunya lembaga atau sarana untuk mendekati kebenaran dalam proses kestuan menurut ruang dan waktu  merupakan sarana legitimasi yang paling tepat dalam perkembangan politik suatu bangsa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar